TTM Trip: Rumah Tanah Baru F. Widayanto (Aug 27, 2013)

Standard

Kali ini TTM berkunjung ke Rumah Tanah Baru (RTB) F. Widayanto, atau yang dikenal juga sebagai Rumah Keramik. Ide berkunjung ke sini datang dari mba Sica, Editor TED Wego Indonesia, untuk melengkapi artikel daytripper keliling Depok yang saya tulis dipenghujung magang. Kira-kira ada apa saja sih di RTB? Cek laporan jalan TTM berikut ini.

Rumah Tanah Baru F. Widayanto

Suka dengan kerajinan tangan berbahan dasar tanah liat? Ingin belajar membuat hiasan keramik? Mungkin nama tempat ini memang belum terlalu akrab di telinga umum sebagai tempat wisata, namun siapa tahu justru berwisata ke Rumah Tanah Baru F. Widayanto atau yang sering juga disebut Rumah Keramik boleh jadi merupakan alternatif wisata yang diperlukan. Ada tiga hal utama yang bisa dilakukan Rumah Tanah Baru ini: wisata keramik, kursus keramik, dan wisata kuliner. Semuanya dilakukan di area hijau yang bebas polusi! Asyikkk~


Selamat datang di Rumah Keramik..

Wisata keramik yang ditawarkan adalah berkeliling melihat karya-karya berwujud keramik yang dibuat oleh F. Widayanto, yang notabene adalah seorang maestro seni keramik ternama di Indonesia. Karya-karyanya sudah dipamerkan banyak kali di beberapa gelanggang seni, seperti Bentara Budaya dan Galeri Nasional. Lulusan Fakultas Seni Rupa dengan kekhususan keramik di Institut Teknik Bandung ini juga sempat mengadakan pameran gabungan (joint exhibition) bertajuk Topeng (‘Masks’) di Darwin, Australia.

Ah, tapi apa menariknya sih melihat keramik? Ternyata menarik sekali, loh. TTM sampai sibuk berwow-wah ria selama dipandu keliling RTB. Yang ditawarkan di rumah ini adalah seni yang diterapkan dalam bentuk keramik. Produk seni keramik yang ditawarkan cukup beragam—dari keramik yang didesain untuk interior, peralatan makan, peralatan kamar mandi, hiasan atau dekorasi yang bisa diaplikasikan dalam rumah, sampai masterpiece yang dibuat untuk pameran bisa dilahap mata.


Seni keramik yang diinstal sebagai hiasan dinding kamar mandi..

Yang menarik adalah unsur flora dan fauna yang selalu ada dalam tiap karya sang maestro. Pokoknya yang didapatkan di sini bukan pajangan keramik biasa, deh. Detil warna dan rupa keramik disuguhkan dan disisipi di tiap sudut Rumah Tanah Baru. Ada yang menghias sudut kamar, ada yang diguna menjadi perabot kamar mandi, menjadi dekorasi dapur, tempelan dinding dan lantai, ditanam dalam tangga setapak—di manapun ada asal seksama melihat. Dijamin bikin mata mendelik senang dan mulut menganga kagum dari satu karya ke karya lain.


Sering loh menemukan kodok dalam berbagai wujud keramik..

Setelah membayar tiket masuk IDR 10.000, baiknya wisata di Rumah Tanah Baru ini kamu mulai dari mengunjungi toko suvenir yang letaknya dekat pintu masuk dan berakhir di studio tempat pembuatan keramik. Melihat suvenir-suvenir yang ditawarkan, mungkin bisa jadi inspirasimu ketika ikutan kursus keramik. Suvenir yang ukurannya kecil-kecil merupakan mass-product dari desain yang sudah dibuat oleh F. Widayanto dan dihargai mulai dari IDR 30.000. Untuk keramik pajangan buatan langsung tangan sang maestro harganya sih bisa mencapai puluhan dan ratusan juta.


Mungkin mereka yang akan menjadi ilhammu!

Kursus Keramik atau Fun with Clay adalah program yang ditawarkan kepada para pengunjung. Dengan harga IDR 110.000 ada 400 gram clay yang disiapkan untuk menjadi karya masterpiece bagi para pengunjung dengan kemampuan pemula. Dengan tanah liat segitu, kira-kira bisa membuat 3 karya keramik ukuran mini, 2 ukuran sedang, atau 1 ukuran besar. Kalau merasa ragu dengan bakat seni diri, disediakan juga ragam cetakan yang bisa digunakan.


Let’s have fun with clay!

Karya yang sudah dibuat akan dibakar dalam oven bersuhu sekitar 1.250 derajat selsius. Hasil jadinya bisa dijemput atau minta diantarkan 2-3 minggu kemudian. Kalau mau keramiknya warna-warni atau melewati proses glazing, cukup menambah IDR 25.000 lagi. Tapi kalau merasa sudah jago membentuk tanah liat, silahkan mengikuti program yang lebih advanced. Ada 9 program termasuk 2 yang di atas, tingkatannya dari pemula sampai profesional dengan waktu belajar 1,5 jam sampai 36 jam. Harganya berkisar dari IDR 110.000 – IDR 1.800.000.


Ngewarnain si calon keramik, disebut juga glazing.

Tidak sampai disitu saja, Rumah Tanah Baru juga menawarkan wisata kuliner yang yahud di pendopo tengah. Ada sekitar 20 jenis kuliner Jawa yang disajikan dari dapur Rumah Keramik untuk santap kamu saat berkunjung. Tak jarang juga, masakan-masakan ini menggunakan bahan masak dari tetumbuhan yang memang mengelilingi Rumah Keramik. Jika mendaftar paket yang sudah disediakan seperti paket workshop (Fun with Clay Package) atau paket kuliner (Culinary Packages) ada menu yang bisa dipilih untuk nantinya dinikmati di pendopo tengah Rumah Keramik. Harga paketnya antara IDR 175.000 – IDR 270.000 per orang. Termasuk dalam paket-paket ini adalah Tropical Tour alias tur berkeliling lahan seluas 1,3 hektar yang dipenuhi ragam tanaman, yang perdu sampai rindang. Akan ditemani oleh pemandu yang dengan ramah menjelaskan A-Z mengenai isi dari Rumah Keramik. Bila tidak menggunakan paketan, dapur RTB baru ngepul di weekend saja.

Ada satu lagi yang ditawarkan di Rumah Tanah Baru F. Widayanto, yaitu rumah singgah sementara alias penginapan a la bungalow. Kebanyakan berbentuk rumah panggung, dengan satu kamar dan kamar mandi terpisah. Uniknya, salah satu rumah panggung yang ditawarkan, bagian bawahnya dulu merupakan kandang kerbau, jadilah dinamakan Jineng Kandang Kerbau. Tenang, rumah panggungnya sama sekali jauh dari kesan kandang. Bersih dan nyaman, apalagi dengan pemandangan hijau yang senantiasa bisa dinikmati bila kepala melongo keluar dari jendela. Untuk sewanya berkisar dari IDR 400.000 – IDR 800.000 per malam. Jika ingin menyewa keseluruhan lantai satu dari rumah F. Widayanto sendiri, per malam dikenai IDR 1.500.000. Harga tersebut termasuk dua kamar, salah satunya memiliki beranda dengan pemandangan oke, dapur, ruang tamu dan ruang kamar. Wah, wah, ga rugi loh kalau ingin menginap. Rumahnya indah, unik dan menginspirasi!


Jineng Bali terletak di dekat pintu masuk RTB, dalamnya apik tenan loh!

Terakhir, tidak lengkap bersantai di Rumah Tanah Baru F. Widayanto tanpa menjelajah halaman luas nan hijaunya, seperti yang iseng dilakukan TTM. Kamu bisa menemukan spot-spot narsis yang menarik!


Satu, dua, tiga, pose!

Tertarik main ke Rumah Keramik? Nih alamatnya :]

Rumah Tanah Baru F. Widayanto

Jalan Curug Agung No. 1, Tanah Baru, Beji, Depok
Waktu Buka:
Setiap hari kecuali Libur Nasional, pukul 9.00-16.00 WIB
Telepon:
(021) 775 7685, 775 7686

2 thoughts on “TTM Trip: Rumah Tanah Baru F. Widayanto (Aug 27, 2013)

  1. Aaaaaaaaakkkkk aku belum pernah kesinii, anak depok padahak hahahaha

    Abis ga tau jalannya ssih *klise*
    Dulu bikin2 keramik di taman budaya sentul city

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s