Ennichisai 2013 (25-26 Mei 2013)

Standard


Irrashaimase~

Panasnya cuaca hari itu ditambah kerumunan orang yang berpakaian biasa saja dengan kaos dan jins sampai yang berdandan a la karakter anime terkenal menambah semangat saya untuk lebih cepat menghampiri acara bertajuk Ennichisai 2013, kali ini jatuh pada tanggal 25-26 Mei. Yep, bulan lalu.

Saya adalah pengunjung setia acara Ennichisai sejak pertama kali diadakan pada 4 Juli tiga tahun silam, namun di kala itu saya termasuk salah satu pengisi acara dibawah naungan U-maku Eisa Shinka, grup tari tradisional Eisa yang berasal dari Okinawa; baru tahun-tahun berikutnya saya memutuskan untuk jadi pengunjung biasa saja hehehehe..

Festival ini selalu diadakan di area bersebelahan dengan Blok M Square yang dijuluki Little Tokyo. Debut Ennichisai pada tahun 2010 hanya berlangsung satu hari namun sukses dikunjungi oleh lebih dari 50.000 jiwa manusia. Tahun lalu acara ini berlangsung 2 hari (30 Juni – 1 Juli 2012) dan berhasil menyedot sekitar 200.000 pengunjung! Wow kan~ Apalagi tahun ini, yang sepengamatan saya bahkan lebih riuh lagi suasananya.

Sebenarnya Ennichisai tahun ini tidak banyak berubah dari segi konsep dengan yang tahun-tahun sebelumnya, yang pasti ada tentu saja panggung yang diisi berbagai kegiatan, stand makanan dan pernak-pernik, juga pasti ada unsur kebudayaan seperti tari-tarian tradisional—dari Eisa, Yosakoi, Awa Odori, dan banyak macamnya lagi—dan tak ketinggalan adalah para cosplayer dengan berbagai macam kostum mereka—ada yang meniru karakter anime tertentu dan ada juga yang datang dengan konsep orisinal—yang tentu saja selalu menarik untuk diperhatikan.

Para pengunjung dari berbagai latar belakang dan usia pun turut meramaikan festival tahun ini. Memperhatikan mereka juga jadi salah satu agenda saya tiap datang ke acara ini, dari orang yang iseng ingin tahu ini acara apa, teman-teman yang sedang reuni, keluarga yang ingin menikmati makanan Jepang, fotografer baik profesional atau amatir yang sibuk jeprat-jepret sana sini, dan tentu saja penggila jejepangan—mimik yang semburat di muka mereka: excited, ragu-ragu, penasaran, senang, kepanasan, kelaparan—gado-gado ekspresi yang menarik!

Nah-nah apa yang menarik mata saya pada keramaian tahun ini? Sila simak gambar-gambar yang tertangkap kamera saya berikut~


Salah satu panggung Ennichisai


Keramaian yang bertumpuk disekitar Omikoshi. Lautan manusia!


Taiyaki~ nyam!


Cosplay favorit saya tahun ini! Sailormoon (yang kekar!) dan Tuxedo bertopeng (stoking!) x)


Kamen Rider dengan motor yang ikut didandani juga~


Awa Odori keliling komplek Ennichisai


Mari ber-Bon Odori ria~


Narsis bareng Bandit U-maku


Bersama TTM😀

Yup~ sekian dari saya, sampai jumpa di Ennichisai tahun depan! (Atau Gelar Jepang bulan depan~)

2 thoughts on “Ennichisai 2013 (25-26 Mei 2013)

Leave a Reply

