Curhat Kilat: Kalau bukan Side-A pasti Side-B

Standard

Hati lagi gundah dengan keberadaan mindset, bahwa kalau bukan hitam pasti putih. Kalau bukan side-A pasti side-B. Kalau sudah pilih X, pasti benci Y. Tunggu dulu. Memang warna cuma ada dua? Memangnya hitam yang dimaksud lu, gw, kita, pasti warna hitam yang sama persis? Wong hitam aja banyak jenisnya, ada yang pekat, ada yang hampir kebiruan, dan begitu pula dengan warna putih.

Saya mengerti di balik sebuah pilihan pasti ada alasan dan konsekuensi. Ketika dilempar begitu saja di media sosial yang konteksnya bisa ke mana-mana, diinterpretasikan orang dengan semena-mena, padahal di balik “postingan, komentar, guyonan oleh orang lain” ada latar belakang, pengalaman, dan karakter yang berbeda-beda, apa kata dunia? Di mana titik temunya bahwa saya dan kamu sama-sama saling mengerti dan bukan menghakimi cuma dari sekelebat interaksi digital?

Kemudian, bahayanya lagi, menurut hemat saya yang medit parah ini, adalah ketika alih-alih mengupayakan diskusi, lebih baik bergerombol sama yang sejenis saja. Sama seperti menjadi katak yang memilih tinggal di dalam tempurung saja. Karena yang dibutuhkan hanyalah argumen dan validasi dari mereka yang segerombol sama saya agar *rasa* ini makin kuat, bahwa “apa yang saya rasakan benar” dan “orang-orang yang mencoba membuat saya merasa tidak benar adalah musuh yang harus dibasmi”.

Bahaya! Karena jadinya menutup diri terus bodo amat sama yang lain-lain yang bertentangan dengan diri ini. Ya kalau gitu ceritanya, bhay lah itu keberagaman.

Padahal saya sekolah tinggi-tinggi, diajarin untuk berpikir objektif dan kritis, tapi ya kadang masih kejebak hal beginian juga. Lantas apa yang bisa dilakukan? Masak iya pilihannya cuma Side-A, Side-B, memangnya kaset walkman yang kudu diputer pake ujung pensil itu? Coba dipikirin lebih lanjut yaa *ngomong sama diri sendiri* #random #musing

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s